Belajar Gitar Klasik

Jurnal Belajar Gitar Klasik

Subscribe

Apa itu Chord

Posted by rictric on Minggu, Desember 07, 2008

chord? apa itu? chord itu kunci. ok, banyak yang sudah tahu, bahasa gaul chord adalah kunci. tetapi apa tepatnya chord atau kunci itu? saya yakin, tidak semua orang tahu.


chord adalah kesatuan bunyi dari tiga not atau lebih. belum mengerti? mainkan nada C pada senar 2, E pada senar 4, dan G pada senar 5 satu persatu, nah hasilnya adalah satu alur melodi. sekarang mainkan secara bersamaan, itulah chord C mayor.

chord pada gitar :



sebenarnya ada banyak sekali chord pada gitar (3000 lebih kalo ga salah). bagaimana bisa kita menghapal segitu banyaknya chord di luar kepala? orang bilang, ah hapalin aja chord-chord yang biasa kita pakai sisanya belakangan toh ga perlu dipakai semuanya. benar juga, kalau mau masuk ke genre pop ngapain juga ngapalin chord blues. tapi saya bilang, ngapalin chord? ngapain? hapalin aja prinsip dasar pembentukan chordnya...

yup, ada prinsip dasar yang digunakan untuk membentuk sebuah chord sehingga kita bahkan bisa membuat chord versi kita sendiri. bagaimana prinsipnya? nanti... sementara menunggu, pelajari lagi tangga nada mayor, itu saran saya..kalo ga mau ya jangan..

0 comments: