Belajar Gitar Klasik

Jurnal Belajar Gitar Klasik

Subscribe

Tangga Nada Minor

Posted by rictric on Sabtu, Desember 06, 2008

Tangga nada minor terbagi menjadi tiga :

1. Natural

2. Harmonic

3. Melodic

Jika anda telah mempelajari tangga nada mayor yang saya tulis beberapa waktu lalu anda pasti masih ingat bahwa saya menekankan untuk mengingat jarak antar nada.

Pada dasarnya yang berbeda pada tangga nada minor adalah jarak antar nada tersebut :

1. Mayor : 1 - 1 - 1/2 - 1 - 1 - 1 - 1/2

2. Natural Minor : 1 - 1/2 - 1 - 1 - 1/2 - 1 - 1

natural minor

3. Harmonic Minor : 1 - 1/2 - 1 - 1 - 1/2 - 1+1/2 - 1/2

harmonic minor

4. Melodic Minor

  • Naik : 1 - 1/2 - 1 - 1 - 1 - 1 - 1/2
  • Turun : lihat natural minor

scamelm3

Perhatikan jarak antar nada pada harmonic dan melodic minor, ada +1/2 disitu. Yang dimaksud dengan +1/2 adalah nada yang anda mainkan, misalnya A, harus ditambah 1/2 menjadi A#.

Jika ingin membuat lagu dengan harmonic atau melodic minor sebaiknya gunakan tangga nada minor sebagai dasar baru kemudian disesuaikan dengan aturan tangga nada melodic dan harmonic minor.

Tangga nada minor memang agak sulit dipelajari tetapi merupakan kebutuhan dasar untuk jazz dan blues. Saya sendiri belum begitu mengerti tentang tangga nada minor ini karena itu mohon berikan koreksi jika ada kesalahan pada tulisan saya.

Untuk belajar lebih lanjut tentang jazz dan blues, kunjungi www.jazclass.aust.com dan www.blueslessons.net. Pada gambar di atas anda dapat melihat penggunaan tetrachord. Tetrachord adalah salah satu teknik untuk mengidentifikasi nada. Klik disini untuk mempelajari lebih lanjut.

0 comments: