Belajar Gitar Klasik

Jurnal Belajar Gitar Klasik

Subscribe

Rahasia Chord

Posted by rictric on Minggu, Desember 14, 2008

akhirnya bisa nulis lagi...bagaimana dengan pelajaran yang sebelumnya? apakah menarik? kalau masih kurang, mungkin pelajaran kali ini bisa membuat kita tahu hal yang jauh lebih menarik.

judul untuk post ini adalah rahasia chord. mengapa disebut rahasia? karena jarang sekali seorang pemain musik terutama gitar mengetahuinya. pada post sebelumnya saya sudah mengatakan bahwa tidak semua chord perlu dihapal bentuknya, dengan mengetahui bagaimana chord itu menjadi sebuah chord maka kita dapat membuat chord kita sendiri, yang penting masih mengikuti aturan dalam membuat chord itu sendiri.

hmm jadi pusing saya baca tulisan di atas. singkatnya begini, anda sudah tahu kan bagaimana bentuk chord C mayor? kalo belum tahu liat gambar di bawah :



nah, perhatikan apa yang perlu kita petik untuk membunyikan chord C, umumnya, yang perlu dipetik adalah senar 1 s/d 5 senar 6 tidak perlu dipetik, tetapi tidak masalah juga kalo mau dipetik. ok, senar 1 = E, senar 2 = C, senar 3 = G, senar 4 = E, senar 5 = C, senar 6 = E. cuma ada 3 not. kalau diurutkan, C, E, G. 1, 3, 5. inilah rumus dasar untuk membentuk sebuah chord mayor. semudah itu? ya semudah itu. sekarang coba chord lain, chord...G misalnya.



senar 1 = G, senar 2 = B, senar 3 = G, senar 4 = D, senar 5 = B, senar 6 = G. urutannya, G, B, D. 1, 3, 5. gampang kan? ingat, gunakan rumus 1, 3, 5 sesuai dengan kunci dasar yang akan digunakan. artinya, jika ingin mencari chord C mayor, yang digunakan adalah skala C mayor. jika ingin mencari chord G mayor, yang digunakan adalah skala G mayor. bingung? baca lagi ini.

untuk nada minor, yang berbeda adalah rumusnya. jika mayor 1, 3, 5. maka minor, 1, 3b, 5. b berarti nada ke 3 nya diturunkan setengah. artinya, C, E, G untuk C mayor dan C, Eb atau D#, G untuk C minor.

rumus-rumus ini adalah rumus dasar untuk chord mayor dan minor. jika sudah lebih mahir, kita bisa saja mengganti susunan rumusnya menjadi 5, 1, 3 atau 3, 1, 5 atau, 1, 5, 3. dan tentu saja chord bukan hanya mayor dan minor. jika kamu menyadari, ada chord-chord C6, C7, C9, C11, dan C13. bagaimana lagi itu? belum lagi ada dominan 7, mayor 7, minor 7, minor-mayor 7, mayor added 9...wah macam-macamlah yang pasti cukup untuk buat kita pusing kepala...tapi sebenarnya tambahan angka-angka itu adalah variasi dari rumus dasar yang tadi kita pelajari. pada post selanjutnya saya akan berikan rumus-rumusnya...sekarang silakan pelajari dulu apa yang saya tulis di atas supaya nanti tidak bingung melihat angka-angka...selamat menikmati.....


0 comments: